Vogue Italia November 2015 Couture Supplement

Vogue Italia November 2015 Couture Supplement: Batik Cirebon
Model: Jealeou
Fotografer: Paminto Meisel
Makeup Artist: Estu McGrath
Hair: Guido Paminto
Set: Estu
Lighting: Obeit
Stylist: Franca Soestu and Obeitha Simons

Batik (1)

Jealeou memakai kerudung batik tulis.

Batik (9)

Left or right?
Batik (2)

Batik tulis ukuran 1,5m yang sering dipakai sebagai kerudung.

Batik (3)

Scarf batik.

Batik (4)

Aku bingung jika harus memilih. Batik viskos motif flora yang ceria.

batik

Batik katun tulis yang cetar-tar-tar. Harga langganan Rp1.000.000.

Batik (8)

Batik katun tulis seharga Rp750.000.

Batik (7)

Pashmina Umama di Pasar Tasik, Thamrin City.

Batik (5)

Harga satuan pashmina ini Rp30.000, tetapi jika grosir cukup dengan Rp22.500 per buah.

Batik (6)

Batik, Batik, dan Batik

Dulu sih gak suka batik, tapi sejak datang ke Trusmi, Pusat Batik Khas Cirebon, pada pertengahan tahun 2008 lha kok jadi tergila-gila batik. Sejak saat itu aku jadi suka berkunjung ke Trusmi buat hunting batik kalau kerja sedang libur dan gak kemana-mana. Tinggal cuuuss aja waktu itu dari kosanku di pinggiran kota Cirebon yang juga gak begitu jauh jaraknya dari Trusmi, sekitar 30 menit dengan motor.

DSC05764Di Trusmi banyak banget toko-toko dan pembuat batik khas Cirebon. Ada Batik EB (Edi Baredi) yang terkenal karena batik-batiknya dipakai oleh Pak SBY yang menyediakan tempat yang nyaman untuk belanja batik, parkir yang luas, juga pusat kuliner, ATM, dan bisa melihat langsung pembuatan batik di Kampung Batik EB tersebut. Ada Batik Nofa yang mempunyai beberapa cabang di sepanjang Trusmi dengan kualitas dan harga yang lebih miring juga bisa ditawar apalagi kalau sudah sering kesitu. Ada Batik Annur yang terletak agak jauh di pojok Trusmi dengan harga yang sangattttt miring dan bersahabat dan motif batik yang beraneka, apalagi kalau ada Bu Haji pemiliknya kita bisa menawar langsung ke Ibu nya, aku sendiri sih paling sering beli disini. Ada Masinah, batiknya buaguuussss-baguuusss tapi lebih mahal dari toko-toko lain, batik disini mega mendhung nya lucuk-lucuk dan beda dengan tempat lain, motif pesisirannya juga top dan keren-keren. Ke Masinah ini bakal ngiler-ngiler deh kalau aku dan jadi tempat batik berkualitas favoritku. Ada banyak lagi toko-toko batik tapi yang paling sering ku kunjungi dulu ya cuma empat toko itu.
Lilin
Batik mega mendung seperti gambar di bawah sudah sangat terkenal sekarang sebagai batik Cirebon. Warnanya yang sebagian besar ngejreng dengan perpaduan motif tambahan dari bunga, kupu-kupu, naga, orang, guci piring dan barang pecah belah lain membuat batik mega mendung makin menarik dan diminati. Harga batik mega mendung tergantung jenis dan teknik pengerjaannya apa tulis, cetak atau cap juga toko yang menjual. Kalau yang bahannya agak kasar dan cap bisa saja Rp.20.000-40.000 per lembar. Untuk mega mendung yang katun dan tulis yang biasa dan paling umum dibeli adalah yang harganya sekitar Rp.60.000-100.000. Kalau untuk mega mendhung batik katun tulis seperti gambar di bawah, harganya mulai sekitar Rp.250.000. Untuk mega mendung yang sperti gambar di bawah, motifnya kecil-kecil dengan pengerjaan lebih halus dan rapi dengan warna yang lebih cantik dibanding yang biasa. Kalau untuk kado yang umum sih aku suka beliin yang mega mendung katun yang umum itu saja, toh sudah bagus apalagi kalau kita pinter milih warna dan bahannya.
Mega Mendhung
Untuk motif di bawah yang sebelah kiri konon bercerita tentang putri dari Cina yang menikah dengan Sunan Gunung Jati. Batik yang kanan atas juga batik katun tulis dengan motif bunga-bungan yang menarik dan cantik. Kedua batik ini dijual dengan harga di atas Rp.500.000 di Masinah yang mana aku pengen banget tapi waktu kesana dulu lagi bangkrut. Nah kalau batik yang kanan bawah itu motif orang, banyak sekali motif-motif orang di batik Cirebon, biasanya bercerita tentang kegiatan seharai-hari nelayan, petani atau perang melawan kompeni, VOC atau penjajah.
motif 3
Batik motif di bawah aku dapat kemarin bulan Oktober 2011 pas ke Cirebon. Suka deh motifnya yang penuh di seluruh kain tapi gak menutupi denggan motif plek padet gitu. Bukan batik tulis sih, tapi batik katun cap ini bagus dan bisa jadi pilihan saat belanja batik. Kelihatannya sih sama tapi sebenarnya beda lho detil 3 batik tersebut. Soal harga, juga sangat terjangkau karena bisa ditawar dan dapat di bawah Rp.50.000 per lembarnya.

motif 1Batik di bawah adalah batik Papua yang aku titip pada Banu di awal tahun 2009 dulu. Motif batik Papua yang khas banget dari burung cendrawasih, tifa, patung khas suku-suku di Papua dan sebagainya dengan warna-warna cerah dan tekstur nemplok-nemplok sangat ku sukai. Batiknya sih bukan batik tulis, tapi katun yang enak kok dipakainya juga.

DSC00948Kalau yang di bawah adalah motif batik Papua yang beberapa waktu lalu aku nitip ke Mas Grandis langsung dari Papua dan dibawakan pas dia tugas ke ibu kota. Harga per meternya dari sekitar Rp.50.000 dan kita bisa memakai batik cantik dari Indonesia Timur ini.
Papua

Kalau batik kuning di bawah, adalah batik Bali yang nitip pada May beberapa bulan lalu. Motifnya yang cantik, ada akses keemasan dan bahannya juga enak. Tapi sampai sekarang belum sempat ku jahitin deh, nunggu nanti aja kalau sudah ngantor lagi.

DSC05682

Batik di bawah ku dapat di Mirota, Malioboro Jogja pada akhir 2009. Bukan batik tulis ya bok, secara kalau batik tulis pasti mahal banget yang motifnya begonoan tapi suka deh dengan warna dasarnya yang putih dan motifnya warna coklat yang terlihat klasik.

DSC05683

Batik di bawah dapat pas lagi ke Solo di akhir 2009 juga. Yang hijau dan merah dapat di Kampung Batik Laweyan Solo. Katun cap dengan harga di bawah Rp100.000 tapi suka deh motif dan warnanya. Kalau yang kupu-kupu hitam putih dan coklat sebelahnya dapat di batik Danarhadi Solo, sambil belanja batik bisa sekalian mengunjungi museum batiknya disitu lho.

MotifBatik di bawah adalah besurek, batik khas Bengkulu. Belinya dulu juga nitip temen yang asal Bengkulu. Dengan motif bunga semacam kaligrafi tulisan arab dan aksen bunga bangkai khas bengkulu dan warna-warna cerah membuat batik ini sangat menarik. bahannya sih bukan katun dan bukan batik tulis juga tapi dengan memakai furing saat menjahitkannya, maka batik ini bisa dipakai dengan nyaman dan pasti eksis kalau dibuat foto-foto image
IMG_9295
Batik kuning dan merah di bawah motifnya kupu-kupu, capung dan bunga yang juga lucu. Batik ini ku dapat di Cirebon juga pas kunjungan Oktober lalu. Warnanya yang segar pasti membuat pemakainya jadi lebih terlihat muda dan semangat. Batik katun bukan tulis ini harganya hampir sama dengan mega mendung katun yang biasa.

DSC05743

Batik warna pastel seperti di bawah terlihat nyaman dipakai dan dipandang semua kalangan. Motif bunga dan tumbuhannya juga tidak penuh tetapi memberi kesan yang elegan dan cantik. Cocok buat cewek maupun cowok. bahannya katun dan tulis dengan harga sekitar Rp100.000 ke atas.

DSC05730Batik motif penyu di bawah konon disebut motif reformasi, gak tau sih maksudnya apa tapi batik katun tulis ini sangat menarik dan unik. Warnanya yang kalem walau dengan motif yang penuh tapi akan sangat bagus jika sudah menjadi baju.

DSC05734

Batik hitam dengan motif bebek, ayam, pohon dan bunga warna-warni ini adalah batik kesukaanku yang ku dapat di Masinah beberapa tahun lalu dan belum ku jahitkan sampai sekarang. Batik tulis katun dengan pinggiran yang tanpa jahitan dan memang gak perlu dijahit pinggirannya kalau nanti dijahitkan. Perpaduan warna dan motifnya sangat ku suka dan jadi hiasan dinding aja kayaknya lebih bagus.

DSC05738

Dulu di Cirebon punya penjahit langganan yang pas banget dan bagus mengatur motif batik yang bermacam-macam, namanya Pak Sam yang tempatnya ada di belakang RS Muhammadiyah di Jl. Dr Wahidin Cirebon, semoga ntar pas kerja lagi dapat penjahit yang pas kayak Pak Sam itu lagi. Dan mulai 2012 katanya setiap rabu dan jumat pakai batik di kantor jadi bisa lebih ada alasan untuk beli-beli batik lagi, barang kali ada yang berminat membelikanku batik?? Lembaran kain aja dan katun yang penting ntar biar ku jahitkan dan lebih sesuai dengan tubuhku….